Kanya

Dasariah Optimisasi Mesin Pencari

Oleh Kanya Ahayu Ning Yatika Akasawakya

Memahami search engine ialah setengah dari pertempuran kita sebelum menerapkan rencana SEO yang efektif.

Perlu digarisbawahi bahwa saya sengaja menggunakan Optimisasi Mesin Pencari (OMP), istilah Search Engine Optimization dalam bahasa Indonesia.

Optimasi Mesin Pencari
Optimasi Mesin Pencari atau biasa disebut SEO (Search Engine Optimization)

Belajar Optimisasi Mesin Pencari memanglah tidak mudah. Istilah ini sangat rumit dan luas cakupannya. Percayalah :).

Tabel Konten
  1. Cara Kerja Mesin Telusur
  2. Ranking
  3. Mengapa SEO Perlu dan Penting?
  4. 7 Manfaat SEO
    1. Catering to a Massive Audience
    2. Permanent Results
    3. Low Cost of Implementation
    4. Data and Analytics
    5. Staying Ahead of the Competition
    6. Usability
    7. Content Marketing and Branding
  5. Epilog

Jika Anda mencoba memahaminya dalam sekali gigitan, maka akan cukup melelahkan dan menguras tenaga.

Ada begitu banyak aspek pengoptimalan mesin telusur, baik mulai dari cara kerja mesin telusur hingga struktur halaman web, baik dari segi antarmuka, desain, dan kode-kode yang semantik.

Kendatipun demikian, pengoptimalan mesin telusur ini tidak seharusnya menjadi tugas yang berat sehingga Anda berpikiran tidak akan dapat menyelesaikannya.

Jangan khawatir akan hal itu. Jika Anda paham dan mengerti apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya, Anda tentu dapat mencapai tujuan SEO seperti yang Anda inginkan.

Ok. Tentu Anda sudah tahu bagaimana konsep mesin telusur.

Iya, benar. Ketika Anda mengetik sebuah kata atau frasa ke dalam kotak pencarian Google, Yahoo!, Bing, Yandex, atau mesin pencari lainnya, muncullah referensi puluhan atau bahkan ribuan halaman yang relevan dengan pencarian Anda.

Mesin pencari akan mengurutkan hasil pencarian tersebut berdasarkan tingkat kualitas situsweb dan relevansi pencarian Anda.

Itulah salah satu bentuk Optimisasi Mesin Pencari. Namun, SEO bukan sekadar muncul di halaman pencarian, tetapi juga mengejar halaman pertama dan di level utama.

Pada intinya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah bentuk usaha optimisasi situsweb pada mesin pencari supaya bisa mencapai peringkat yang lebih baik di mesin telusur.

Lantas apakah mesin pencari itu ”hanya mencari dan lantas menemukan saja?”

Rumit memang. Perlu Anda ketahui, bahwa di sisi back-end, mesin pencari ialah sebuah perangkat lunak yang menggunakan aplikasi untuk mengumpulkan informasi tentang halaman web.

Informasi-informasi yang terkumpul biasanya berupa katakunci (keyword)—indikator yang terdapat pada halaman web, URL halaman, dan kode-kode yang menyusun halaman. Kemudian mesin pencari mengindeks dan menyimpan informasi itu dalam basis data (database).

Sementara itu, di sisi front-end, memiliki user interface (UI) untuk memasukkan istilah pencarian agar Anda bisa menemukan informasi tertentu yang cocok.

Informasi-informasi yang bertebaran di halaman pencarian, sebelumnya sudah diperiksa dengan menggunakan sebuah algoritma.

Algoritma ini pun akan berkembang setiap saat di berbagai mesin telusur, karena algoritma menyesuaikan kondisi pengguna internet.

Supaya Anda tahu lebih detail tentang apa itu SEO, jangan lewatkan hal penting di bawah ini, yakni Anda harus tahu cara kerja mesin telusur.

Cara Kerja Mesin Telusur

Di mesin pencari, yang perlu Anda ketahui bahwa proses pengumpulan informasi tentang halaman web dilakukan oleh agen yang disebut:

  • Crawling
  • Indexing
  • Ranking

Sistem kerja mereka bertiga ialah seperti otak Anda ketika sedang membaca. Tentu perlu memindai kata demi kata untuk mengetahui hal baru. Kemudian setiap Anda memikirkan kata itu, maka akan terlintas sesuatu di benak Anda.

Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut:

  1. Crawling: keadaan di mana mesin pencari sedang menengok setiap URL di web. Setelah meninjau, kemudian melakukan pemindaian terhadap halaman web untuk bisa memastikan situsweb mana yang lolos ke tahap selanjutnya.
  2. Tahap berikutnya ialah indexing. Setelah melalui proses crawling, maka katakunci dikumpulkan lantas dimasukkan ke dalam database mesin pencari.
  3. Terakhir. Mesin pencari akan membandingkan satu web dengan web lain yang memiliki kesamaan katakunci (keyword) sesuai target.

Ranking

Di antara ketiga elemen tersebut, ranking memainkan peran besar dalam pengoptimalan mesin telusur.

Apa saja yang mempengaruhi peringkat?

Sebelum mengetahuinya, perlu diingat bahwa setiap mesin pencari menggunakan kriteria ranking yang berbeda. Berikut merupakan beberapa faktor yang berpengaruh pada ranking:

  1. Lokasi: bukanlah mengacu pada lokasi dari halaman web, seperti di URL, melainkan mengacu pada lokasi katakunci (keyword) di halaman web.

    Contoh: Apabila Anda mencari ”Superhero Marvel”. Mesin telusur akan memberi peringkat pada hasil menurut halaman tempat kata ”Superhero Marvel” muncul.

    Semakin tinggi kata yang muncul di halaman, tinggi pula peringkatnya.

    Dengan demikian, situsweb yang mengandung kata ”Superhero Marvel” di tag tittle, kemungkinan besar akan tampil lebih tinggi daripada situsweb yang membahas superhero Marvel tetapi tidak ada di tag tittle-nya.

  2. Frekuensi: munculnya istilah pencarian di halaman juga dapat mempengaruhi peringkat halaman dalam hasil pencarian.

    Contoh: halaman yang menggunakan kata superhero Marvel sebanyak enam kali akan memiliki peringkat lebih tinggi daripada halaman yang menggunakan kata tersebut hanya satu kali atau tidak sama sekali.

    Namun, bagi Anda yang merancang web agar SEO, jangan sekali-kali menggunakan kata-kata yang bertendensi sebagai katakunci secara tersembunyi pada halaman.

    Teknik itu bisa disebut dengan blackhat SEO, dalam mana mampu meningkatkan peringkat halaman secara tidak alami.

    Hasilnya, mesin telusur akan menganggap sebagai spamming katakunci dan akhirnya akan mengabaikan atau bahkan menolak halaman yang menggunakan teknik itu.

  3. Tautan: Salah satu faktor terbaru dari peringkat (ranking) adalah jenis dan jumlah tautan pada halaman web. Tautan yang masuk ke situs , tautan yang mengarah keluar dari situs, dan tautan yang ada di dalam situs Anda, akan dipertimbangkan semuanya oleh mesin telusur.

    Dengan demikian, semakin tinggi tautan di situs web Anda, seharusnya mendapat peringkat yang bagus dan tinggi juga, dong? Namun, tidak demikian. Halaman Anda di hasil pencarian akan diakurasi dari jumlah tautan yang relevan di situsweb Anda.

Teknik itu sebenarnya juga berbahaya, karena ketika mesin pencari menemukan tautan yang tidak relevan dan tidak akurat di halaman Anda, maka akan mendeteksinya sebagai spam.

Pada akhirnya akan berkemungkinan pula situs Anda bisa terkena pinalti. Tentu Anda tidak meninginkan hal itu terjadi, bukan? Oleh karenanya, pahami teknik SEO yang tepat baik dari segi on-page maupun off-page.

Mengapa SEO Perlu dan Penting?

Coba bayangkan jika Anda berada di tengah-tengah kumpulan beratus atau bahkan beribu orang dan ada seseorang mencari Anda dalam keramaian tersebut. Bagaimana caranya orang itu dapat menemukan Anda?

Tentu Anda harus menampilkan atribut, simbol, atau apapun yang berbeda dan unik, bukan?

Seperti itulah situsweb Anda. Hampir tidak terlihat, bahkan oleh mesin telusur yang mengirim crawler.

Untuk mendapatkan perhatian dari perayap, haruslah ada elemen yang menonjol dalam situsweb Anda. Itulah kenapa Anda memerlukan Optimisasi Mesin Pencari. Apalagi setiap tahunnya orang melakukan pencarian lebih dari sekali-duakali dan banyak sekali situs dengan konten yang sama. Mungkin salah satunya milik Anda.

7 Manfaat SEO

Search Engine Optimization, tak sekadar cara untuk meningkatkan pendapatan dan trafik situsweb, tetapi SEO bisa dibilang elemen yang sangat penting.

Optimisasi Mesin Pencari merupakan investasi yang memberikan hasil dalam jangka panjang.

Jadi, untuk mendapat situsweb yang SEO jangan mengharapkan bisa mencapainya dalam semalam.

Meski teknik SEO gampang-gampang susah dalam meraihnya, tetapi dengan Optimisasi Mesin Pencari memiliki banyak manfaat bagi situs Anda. Berikut manfaatnya menurut Aravind Shenoy:

Catering to a massive audience, permanent results, low cost of implementation, data and analytics, staying ahead of the competition, usability, content marketing and branding.

Catering to a Massive Audience

Apa sih maksudnya? Hubungannya dengan SEO apa?

Catering di sini bukan seperti yang ada dalam pikiran Anda, ya. Sekali bukan soal makanan.

Maksudnya ialah bagaimana bisa situsweb Anda melayani audiens yang begitu banyaknya. Tentu kalau bukan melalui teknik SEO, situsweb Anda tidak akan muncul dalam SERP.

Misalnya, saya ingin mencari obat batuk dan pilek.

Saya tidak membuang-buang waktu dan tenaga saya untuk terus menggulirkan mouse saya hingga bawah. Hasil di halaman #1 atau paling tidak sampai # 3 yang akan saya klik.

Itulah fungsi SEO. Agar situsweb Anda bisa berada # 1 dan menjangkau banyaknya audiens.

Permanent Results

Jangan pusing dulu terhadap peristilahan. Ini masih awal dan sangat dasar sekali. Bersabarlah :).

Dengan Anda bisa melakukan teknik SEO yang tepat, situs Anda akan muncul di SERP tanpa harus beriklan.

Itu pun hasilnya bisa permanen, asal Anda mau konsisten untuk mengoptimisasi situsweb Anda dan menyediakan konten yang berkualitas.

Low Cost of Implementation

Tentu dengan melakukan SEO, bisa meminimalisir budget untuk situsweb Anda. Hanya menggunakan jasa ahli SEO profesional, bisa menjadikan situsweb Anda stabil dalam hasil penelusuran.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menyebarkan brosur, iklan, karena hanya akan menghabiskan biaya saja.

Data and Analytics

Data dan analitik ini di dalam hal SEO biasaya digunakan untuk mengetahui siapa pengunjung Anda, trafik situweb Anda.

Boleh dicoba, alat SEO gratis dan komersial tingkat perusahaan, misalnya Google Analytics dan Google Search Console.

Staying Ahead of the Competition

Ketika Anda melakukan teknik SEO, mau tidak mau, Anda juga harus mengetahui siapa kompetitor sitisweb Anda.

Melalui kedua alat yang saya sebutkan di atas, Anda akan mengetahui bagaimana performa situsweb Anda dan siapa kompetitornya.

Dengan demikian, Anda bisa mengoptimisasi situsweb Anda secara lebih giat lagi, agar bisa menjadi yang teratas.

Usability

Perlu Anda ketahui, bahwa penerapan SEO tidaklah berfokus pada mesin telusur, tetapi justru lebih pada pengguna. Inilah kegunaan SEO.

Anda harus memberi konten dan desain situs yang menarik untuk pengguna, sehingga situsweb Anda bisa menarik pengalaman pengguna yang menakjubkan.

Content Marketing and Branding

Terimakasih karena Anda sudah bersabar dan ingin tahu istilah-istilah manfaat SEO hingga sampai pada yang pungkasan ini.

Ingat! mesin telusur seperti Google sangat membenci, bahkan menentang teknik curang yang Anda gunakan di situsweb Anda. Google akan menganggapnya sebagai spam.

lakukanlah dengan teknik SEO whitehat, karena teknik SEO sangat memperngaruhi produk dan merek dalam situs Anda.

Epilog

Panjang?

Sekali lagi sabar dan siapkan mental Anda. Ini masih permulaan dan dasariah mengenai SEO :).

Untuk menghasilkan situsweb Anda muncul di hasil pencarian teratas, pelajarilah dulu cara kerja SEO dan manfaatnya seperti yang telah terurai di atas.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui pantangan dan anjuran SEO yang disukai oleh mesin telusur, karena ini akan sangat berpengaruh pada situsweb Anda. Tetap berada di peringkat teratas hasil pencarian atau justru dihilangkan.

Rubrik:

Kategori:

Tag:

Pembaharuan Terakhir:

Balas Bagikan

Berikan umpan balik

Semua bidang opsional

Apakah halaman ini membantu?
Apakah halaman ini membantu Anda menyelesaikan tujuan Anda?
Kanya Ahayu Ning Yatika Akasawakya

Mari Lakukan Beberapa Pekerjaan Bersama

Hai yang di sana! Nama saya Kanya Ahayu Ning Yatika Akasawakya dan saya seorang penulis konten, copywriter, penulis cerpen, dan pembicara. Apakah Anda memiliki proyek menarik yang memerlukan bantuan? Bisakah tim Anda menggunakan beberapa pelatihan dalam kepenulisan, marketing, atau praktik terbaik aksesibilitas? Ayo bicara.